Pengetahuan Fotografi Dasar yang Wajib Dipelajari oleh Pemula

Pengetahuan Fotografi Dasar yang Wajib Dipelajari oleh Pemula

Creators, dunia fotografi saat ini menjadi salah satu hobi yang banyak digandrungi, apalagi saat ini sudah banyak media yang bisa menampung karya-karya fotografer amatir misalnya di Instagram sehingga makin banyak yang jatuh cinta dengan dunia fotografi. Untuk menghasilkan foto yang bagus tentunya tidak boleh dilakukan dengan asal, oleh karena itu bagi pemula yang ingin memotret dengan profesional perlu mempelajari pengetahuan fotografi dasar berikut ini terlebih dahulu:


Mengenal Jenis Kamera

Fotografi dan kamera adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan, oleh karena itu mempelajari jenis-jenis kamera adalah pengetahuan fotografi dasar yang harus diketaui. Ada banyak jenis kamera di dunia fotografi, seperti kamera analog, kamera DSLR, kamera mirrorless, serta kamera pocket atau kamera saku. Pelajari jenis-jenis kamera ini dan ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kamera tersebut.

Mengenal Titik Fokus

Untuk memotret dengan baik, kenali pengaturan fokus ketika membidikkan kamera ke objek. Agar bisa mengatur fokus secara manual bisa dilakukan dengan menggeser panel fokus ke mode manual, sehingga fokus kamera bisa diatur ketajamannya dengan memutar ring fokus yang ada pada lensa. Untuk fokus manual biasanya digunakan pada tempat yang minim cahaya seperti ketika di dalam ruangan atau saat malam hari. Sedangkan jika tak ingin repot mengatur fokus, bisa menggunakan mode auto sehingga fokus akan menyesuaikan secara otomatis.

Mengenal Diafragma
 
Diafragman adalah pengaturan pada bukaan lensa, disimbolkan dengan f/aperture. Untuk diafragma lebar biasanya digunakan untuk fotografi portrait. Sedangkan untuk aperture kecil digunakan agar seluruh area terlihat tajam.

Mengenal Shutter Speed

Pengetahuan fotografi dasar selanjutnya yang harus dipelajari adalah tentang shutter speed atau pengaturan kecepatan jendela kamera. Pengaturan shutter speed ini memakai satuan detik seperti 1/1000 atau 1/125. Apabila angka satuannya semakin besar maka waktu buka jendela kameranya akan semakin cepat sehingga cahaya yang akan masuk ke sensor lebih sedikit. Sedangkan apabila kecepatan semakin kecil maka waktu bukaan jendela kamera akan lebih lama sehingga akan semakin banyak cahaya yang masuk ke image sensor.

Mengenal ISO

Secara sederhana, ISO merupakan kesensitifan sensor kamera. Semakin tinggi ISO maka sensor kamera akan lebih sensitif sehingga noise yang dihasilkan menjadi semakin tinggi, begitu juga sebaliknya semakin rendah ISO maka cahaya yang masuk akan semakin sedikit sehingga noise juga akan rendah. Temukan ISO yang paling tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila memotret pada kondisi cahaya minim atau saat malam, biasanya ISO yang digunakan tinggi.

Mengenal White balance
 
Untuk mengatur white balance bisa dengan cara menggunakan gambar dengan temperatur pencahayaan ruangan. Pada siang hari misalnya bisa dengan memilih shade ketika berada di bawah pohon, atau bisa juga memilih cloudy untuk situasi mendung. Atur angka sesuai dengan temperatur yang diinginkan. Misalnya ketika menginginkan hasil tertentu bisa dengan memilih temperature hangat meski nantinya white balance tidak sesuai, akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah karena tujuan yang diinginkan sudah dapat dicapai.
Pengetahuan fotografi dasar tentunya harus dimiliki, apalagi bagi orang yang benar-benar cinta dengan dunia fotografi, karena fotografi dan kamera bukan hanya sekadar pamer keindahan gambar, akan tetapi fotografi adalah dunia dimana kita bisa mengabadikan setiap momen indah yang bisa jadi tak akan terulang di kemudian hari, oleh karena itu harus dipahami hal-hal mendasar tentang fotografi agar bisa menghasilkan foto yang tak hanya sekadar indah, tapi juga bermakna.


0 Comments