Daftar Kampus Desain Grafis Bandung

Daftar Kampus Desain Grafis Bandung




Creator, desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi dengan menggunakan visual, seperti: media gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan secara efektif. Saat ini di Indonesia sudah banyak kampus-kampus yang membuka jurusan desain grafis, dalam artikel yang akan kita bahas salah satunya adalah desain grafis Bandung.

Sudah banyak perguruan tinggi di Bandung, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki program studi desain grafis. Bahkan tidak sedikit tempat-tempat kursus desain grafis yang bisa Creator temukan di Bandung.

Prospek kerja lulusan desain grafis sangat terbuka lebar dan beragam, terutama di zaman serba teknologi dan informasi seperti sekarang ini. Misalnya: sebagai wirausaha maupun pekerja lepas (freelance), seperti: menjadi illustrator, fotografer, desainer grafis, animator, web designer dsb. Selain itu lulusan desain grafis bisa bekerja di biro konsultan desain, biro iklan, rumah produsi, stasiun televisi, percetakan, penerbitan dan menjadi Humas di lembaga pemerintahan maupun swasta. Berikut ini adalah beberapa nama kampus dan sekolah desain grafis Bandung yang popular.

Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di kota Bandung. Hingga tahun 2012 ITB sudah memiliki empat program studi yang sudah terakreditasi secara internasional. Salah satu lembaga akreditasi independen Amerika Serikat ABET, dimana ITB adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri di Indonesia yang mendapatkan akreditasi internasional tersebut. 

Selain ruang kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, kampus ITB memiliki fasilitas galeri yaitu galeri Soemardja. Adapun program studi fakultas Seni Rupa dan Desain ITB adalah sebagai berikut:
·         Seni Rupa (S1)
·         Kriya (S1)
·         Desain Interior (S1)
·         Desain Produk (S1)
·         Program Magister Seni Rupa
·         Program Magister Desain
·         Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain

Desain Grafis Widyatama Bandung
Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Widyatama, awalnya bernama Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual (STDKV), sudah berdiri sejak tahun 1999. Perubahan menjadi Fakultas Desain Komunikasi Visual adalah pada tahun 2001, tepatnya pada waktu awal digabungkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung, Sekolah Tinggi Teknik Widyatama, STDKV Widyatama dan Sekolah Teknik Widyatama.

Program studinya adalah:
·         Desain Grafis D4, bidang pembelajarannya antara lain adalah: brand identity, logo, corporate identity, brand srtrategi consultant, advertising, campaign design, exhibition design, sign system design, packaging design, museum design, web design, promotional design, user interface design, merchandise design dsb.
·         Program Studi Multimedia D3, bidang pembelajarannya antara lain adalah: broadcasting, film editor, game developer, 3D desain, motion graphic artist, multimedia design, advertising agency, interaction design and user experience, user interface design dan multimedia management.

Mahasiswa akan mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan pembelajaran, seperti: laboratorium komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows dan Mac, lab fotografi, ruang kelas studio dan berbagai peralatan pendukung.

Sekolah Tinggi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung)
Selain ITB dan Widyatama, masih ada kampus yang menyediakan fakultas desain yaitu Sekolah Tinggi Harapan Bangsa atau yang lebih dikenal dengan singkatannya (ITHB). Kampus yang berdiri pada tahun 2002 ini berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Petra.

Selain ketiga kampus tersebut, masih ada beberapa kampus desain grafis Bandung lainnya, seperti: Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) Bandung, Universitas Komunikasi (Unikom) Bandung, Telkom University Bandung.
Siap berburu kampus, Creator? 

1 Comments

  1. Buat kamu yang belum mengenal bahan baby tery yuk kenali sekarang karena kualitasnya bagus banget

    ReplyDelete