Belajar Fotografi Dasar Bagi Pemula Dengan Kamera DSLR

Belajar Fotografi Dasar Bagi Pemula Dengan Kamera DSLR




Belajar Fotografi Dasar Bagi Pemula Dengan Kamera DSLR

Creator, fotografi sekarang menjadi hobi di semua kalangan baik muda maupun orang dewasa boleh melakukannya. Memotret merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, setiap moment yang ditemui bisa di abadikan dalam sebuah lensa. Tidak heran saat ini banyak orang yang ingin belajar fotografi dasar.
Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dan diambil suatu hari nanti, misalnya saja jika Creator melakukan proses belajar fotografi dengan serius dan konsisten bisa jadi Creator menjadi salah satu fotografer professional yang menjadikan dunia foto sebagai sebuah profesi.

Pilih Kamera Yang Tepat
Semakin berkembangnya teknologi kamera, diikuti pula dengan semakin banyaknya jenis dan spesifikasi kamera yang ada. Di antara pembaca mungkin masih ada yang bingung menentukan jenis kamera apa yang cocok digunakan untuk belajar.
Untuk belajar fotografi, kami sarankan menggunakan kamera DSLR untuk pemula atau jika Creator memiliki budget lebih bisa juga langsung menggunakan kamera untuk professional.
Menggunakan kamera DSLR memungkinkan Creator untuk lebih berkreasi di bandingkan menggunakan kamera poket. Sebaiknya saat belajar gunakan mode manual, walaupun di kamera terdapat fitur mode auto yang memberikan kemudahan saat memotret. Apabila terlalu banyak menggunakan mode auto bisa membuat Creator tidak berkembang.

Pelajari Kamera
Saat membeli kamera, Creator akan mendapatkan manual book yang menjelaskan kamera tersebut dan cara menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kadang saking penasaran, apa fungsi fitur cenderung ingin mengutak-atiknya. Jika penasaran, ada baiknya tidak takut mencoba namun jangan malas untuk membaca manual book. Karena dengan membaca sekaligus mempraktikkannya, Creator akan lebih mengetahui seluk beluk kamera.

3 Elemen Penting Kamera
Belajar fotografi dasar harus memahami 3 elemen yang terdapat pada kamera DSLR, yaitu: ISO, Aperture dan Shutter Speed. Lebih jelasnya simak pembahasan 3 elemen kamera tersebut berikut ini:
·         ISO kamera fungsinya adalah untuk menentukan kepekaan cahaya yang terdapat pada kamera. Jika ISO semakin besar maka semakin peka sensor menerima cahaya. Hasil gambarnya menjadi semakin terang.
·         Apeture adalah bukaan lensa yang mengatur besar kecilnya diafragma sehingga mempengaruhi banyaknya cahaya yang masuk. Jika aperture semakin kecil maka akan semakin besar lubang diafragmanya.
·         Shutter Speed atau kecepatan rana adalah rentan waktu pada saat tombol shutter dibuka. Atau pada waktu saat tombol dipencet sampai kembali lagi ke posisi semula.

Lensa Kamera
Belajar fotografi bagi pemula bisa menggunakan lensa kit, yaitu lensa bawaan kamera itu sendiri. Saat belajar jangan terlalu muluk-muluk memikirkan jenis lensa yang digunakan karena lensa bawaan layak digunakan untuk belajar. Setelah kemampuan meningkat, Creator bisa mulai mengganti lensa jenis lain sesuai dengan kebutuhan.

Belajar Fotografi
Saat ini untuk belajar sendiri fotografi sangat memungkinkan. Ada banyak informasi dari buku, artikel di internet yang bisa dibaca dan dipelajari. Namun tidak ada salahnya Creator menggunakan jasa fotografer professional untuk menjadi mentor atau pendamping.
Belajar fotografi menggunakan mentor bisa membuat Creator menguasai fotografi lebih cepat dan lebih handal. Selain itu, Creator bisa bertanya hal-hal yang tidak dimengerti dan bisa mengetahui teknik fotografi yang salah dan yang benar.

Demikian informasi mengenai tips bagi Creator yang ingin atau sedang belajar fotografi dasar. Jangan lupa untuk selalu memotret apa pun yang menurut Creator menarik. Saat berpergian keluar rumah jangan lupa membawa perlengkapan kamera, agar tidak kehilangan moment penting.

0 Comments