Peluang Kerja di Bidang Desain Grafis



Peluang Kerja di Bidang Desain Grafis
 
Creator, perkembangan dunia digital saat ini membuat profesi sebagai desainer grafis banyak dibutuhkan, sehingga kuliah jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual pun saat ini banyak diminati.
Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para mahasiswa yang berkuliah di jurusan desain grafis. Apalagi saat ini peluang untuk desainer grafis semakin terbuka lebar, apa saja peluang kerja yang bisa didapatkan oleh para desainer grafis? Berikut ulasan lengkapnya:
 1. Perusahaan Periklanan
Perusahaan advertising atau periklanan sangat membutuhkan para desainer grafis profesional. Pada bidang periklanan desainer grafis memiliki tugas untuk merancang komunikadi menggunakan sebuah brand dengan mendesain iklan di beragam media. Desainer grafis di bidang periklanan biasanya bekerja sebagai fotografer, copywrter, art director, ilustrator, atau creative director.
2. Graphic Design Agency
Graphic design agency biasanya memiliki fokus keahlian yang lebih spesifik, seperti desain publikasi, desain multimedia, desain promosi, desain web, dan lain-lainnya. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang yang sangat besar untuk para desainer grafis.
3. Penerbitan
Dunia penerbitan juga membuka banyak peluang bagi para desainer grafis. Ada banyak pekerjaan desain grafis yang dibutuhkan di bidang penerbitan, seperti merancang strategi visual atau komunikasi dalam beragam media. Mengatur tata letak isi cover buku, atau membuat gambar untuk cover. Selain itu ada juga pekerjaan merancang materi promosi buku lewat poster, banner serta brosur.
4. Perusahaan Pengembang Software dan Web
Perusahaan yang mengembangkan software serta website juga membutuhkan banyak desainer grafis untuk merancang konsep, mengatur penampilan blog, situs web, navigasi, struktur serta untuk mendesain banner, halaman web dan lain sebagainya. Untuk perusahaan ini, biasanya desainer grafis bekerjasama dengan programmer serta copywriter.
5. Stasiun TV dan Perusahaan Film
Di dunia film dan pertelevisian, keberadaan para desainer grafis juga sangat dibutuhkan, misalnya untuk pembuatan story board, sepcial effect, stage desain, trailer tayangan, pembuatan properti, serta pembuatan materi-materi promo di spandung, poster film, iklan tayangan di televisi, dan lain-lainnya. Desainer grafis biasanya harus bekerja sama dengan penulis naskah, sutradara, editor, serta produser. 
6. Pengembang Game
Peluang bagi para desainer grafis di dunia game juga terbuka lebar, karena di bidang ini desainer grafis dibutuhkan untuk membuat karakter, merancang konsep, sistem game, hingga materi promosi berupa poster dan iklan. Para desainer grafis harus bisa bekerja sama dengan profesi lainnya di bidang ini seperti programmer, animation designer dan lain-lainnya untk bisa menciptakan game yang berkualitas.
7. Lembaga Pendidikan
Bagi yang ingin menjalani karir di lembaga pendidikan, desainer grafis juga bisa menjadi pengajar khususnya di bidang yang digeluti, misalnya menjadi dosen di mata kuliah Teknologi Informasi, Ilmu Komunikasi, atau Desain Komunikasi Visual.
8. Branding Agency
Desainer grafis juga bisa masuk ke peluang kerja di bidang branding, misalnya dalam perancangan logo, brand, atau identitas tertentu, seperti kartu nama, desain packaging produk, desain interior, logo institusi dan lain sebagainya.
Creator, itulah beragam peluang kerja yang bisa diambil oleh orang-orang yang bergelut di bidang desain grafis. Meski peluang kerja untuk desainer grafis terbuka lebar, namun para desainer grafis tetap harus selalu meningkatkan kemampuan dan keahliannya semakin ahli dan dipercaya untuk menempati jenjang karir yang lebih tinggi. Bahkan, apabila memiliki keahlian mumpuni dan cukup modal, bisa juga membuka usaha sendiri yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan menjadi karyawan.  

0 Comments