Mengenal Lebih Dalam Kerja Event Organizer Bandung Dan
EO Di Kota-Kota Besar Lainnya
Creator, semakin berkembangnya dunia usaha saat ini,
memperlihatkan ke arah yang menggembirakan salah satunya adalah munculnya badan
usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa pengorganisasian acara, yaitu
event organizer. Sekarang semakin banyak badan usaha yang bergerak di bidang
tersebut, terutama di kota-kota besar salah satunya adalah Event Organizer Bandung, Jakarta, Surabaya, Padang dan
kota-kota besar lainnya di Indonesia.
Pengertian
Event Organizer
Secara sederhana Event Organizer adalah
jasa penyelenggaraan suatu kegiatan agar event dapat berjalan sebagaimana
mestinya. Konsep kerja EO adalah dengan menerapkan konsep manajemen secara
konsisten dan berkesinambungan dalam mengeksplorasi kegiatan di dunia
entertainment.
Event Organizer bekerja secara tim, mulai
dari proses memilih acara, mengemas acara, mengurus perizinan tempat, mengurus
keamanan saat pelaksanaan, mencari sponsor, menyiapkan teknologi yang
dibutuhkan, mengurus undangan, hingga evaluasi dan laporan pertanggungjawaban.
Bentuk acara yang bisa bekerja sama dengan
event organizer bisa mulai dari pesta ulang tahun sampai acara festival kota
dsb. Tanpa sentuhan ide dan kerja keras event organizer tidak mungkin acara
bisa terwujud.
Tahap-Tahap
Penyelenggaraan Event Organizer
Pada praktiknya tidak semua event organizer
menyelenggarakan semua event. Setiap EO memiliki spesialisasi event. Misalnya
EO yang konsen pada event program acara seperti: kompetisi olahraga, acara
pameran produk dsb.
Apa pun spesialisasi event yang dipegang,
perlu konsep yang jelas dan terarah. Ada beberapa tahapan strategi yang
dilakukan dalam penyelenggaraan sebuah event, yaitu:
- Konsep atau ide yang kreatif dan menarik.
- Proses tahap-tahap pembuatan event.
- Eksekusi pelaksanaan event yang signifikan.
Lebih lengkapnya simak penjelasan mengenai
tiga poin strategi tersebut berikut ini:
1.
Konsep/ Ide Yang Kreatif
Dan Menarik
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah
pembuatan konsep. Membuat sebuah konsep harus menggunakan beberapa metode,
misalnya; salah satu Event Organizer Bandung mengambil
sesuatu yang sedang tren atau marak di masyarakat dengan mengambil beberapa konsep komunitas yang ada di Bandung.
Setelah ada tema, maka harus diberi
sentuhan lain yang membedakan konsep dengan event organizer lainnya. Jangan
takut membuat eksperimen atau mencoba sesuatu yang baru. Jika perlu buat ide
atau gagasan yang tidak pernah dibayangkan atau dipikirkan orang.
2.
Tahap-Tahap Pembuatan Event
Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan
saat memasuki proses pembuatan event, di antaranya adalah sebagai berikut:
·
- Membuat konsep.
·
- Menuangkan konsep dalam bentuk
tulisan.
·
- Membentuk tim.
· - Membicarakan konsep bersama tim
dan membuat kerangka berpikir yang kemudian disusun dalam bentuk proposal.
·
- Menentukan pihak yang
dilibatkan dan membuat tujuan proposal.
·
- Menyebarkan proposal kerja
sama.
·
- Melakukan follow up terhadap
proposal yang sudah diberikan kepada calon sponsor. Beri batas waktu.
·
- Menggubungi seluruh pengisi
acara, supplier dan seluruh pendukung lainnya.
·
- Melakukan kontak atau MOU
dengan semua pihak yang terlibat.
·
- Melakukan technical meeting
dengan seluruh pendukung acara.
·
- Jika diperlukan, buat konfrensi
pers.
·
- Melakukan publikasi dan
merekrut sesuai kebutuhan.
·
- Siap eksekusi.
3.
Eksekusi Event
Langkah berikutnya adalah melakukan
eksekusi event yang signifikan, seperti: memilih orang-orang untuk posisi
tertentu dengan potensi yang sesuai. Selain itu memilih supplier yang
berkualitas, membuat rundown acara, tepat waktu, menjaga keamanan dsb.
Nah Creator, dengan adanya gambaran bagaimana kerja
event organizer tersebut diharapkan membantu Creator mendapatkan gambaran seperti
apa layanan jasa Event Organizer Bandung dan di
kota-kota lainnya dilakukan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan
bermanfaat!
0 Comments